Kamis, 07 Februari 2013

Windows 8


Pengertian Windows 8
Windows 8 adalah nama kode untuk versi mendatang dari Microsoft Windows, serangkaian sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, laptop, netbook, tablet PC, server, dan PC pusat media.


Sejarah Windows 8
Di 2011 Consumer Electronics Show di Las Vegas, Microsoft Mengumumkan Bahwa akan mensertakan dukungan untuk sistem-di-chip dan mobile ARM processors di Windows 8.
Versi 32-bit Milestone 1, build 7850, dengan tanggal build 22 September 2010, telah dibocorkan ke BetaArchive, sebuah komunitas beta luring, yang tidak lama kemudian bocor untuk P2P/jaringan berbagi torrent pada 12 April 2011. Milestone 1 Mensertakan antarmuka 'ribbon' seperti yang dimiliki Microsoft Office 2010 untuk Windows Explorer, sebuah Pembaca PDF, pembaharuan task manager, dan ISO Mounting Bawaan.
Versi 32-bit Milestone 2, build 7955, dibocorkan ke BetaArchive pada 25 April 2011. Fitur build ini adalah sebuah 'pattern login' baru dan seterusnya.
Versi 64-bit Milestone 3, build 7959, dibocorkan lagi ke BetaArchive pada 1 May 2011. build ini dianggap penting sebagai bocoran publik pertama Windows Server 8, serta build 64-Bit yang pertama kali bocor.
Pada September 2011, Microsoft mengeluarkan 'Developer Preview' dari Windows 8 Pengembangan 8102 di buildConference.
                Pada 29 Februari 2012, Microsoft Mengeluarkan versi 'Consumer Preview' (sebutannya beta dari microsoft) dari Windows 8 build 8250. Perubahan yang menonjol dari Developer Preview adalah Logo baru yang didesain oleh Pentagram, Sekarang Menggambarkan bentuk jendela asli sebagai ganti dari logo bendera berkibar dari windows terdahulu.
                Sekarang Tombol start sudah dihapus seluruhnya. microsoft menyebutkan bahwa 'ini saatnya menu start untuk pensiun dan digantikan oleh Start Screen' (banyak pro dan kontra dari konsumen dengan menolaknya penghapusan tombol start)
                Di versi ini, sekarang penampilan Start Screen dapat diubah dari PC Settings seperti Tekstur dan Warnanya. Perubahan Nama dari Control Panel Menjadi PC Settings.
                Pada 31 Mei 2012, Microsoft merilis versi 'Release Preview' dari Windows 8 build 8400. Perubahan utama dari versi ini yaitu dukungan plug in pada aplikasi IE 10 Windows 8 UI Style dan adanya 3 aplikasi baru Windows 8 UI Style: Sports, Travel, dan News.
                Microsoft secara resmi mengumumkan jadwal perilisan sistem operasi terbaru, Windows 8 pada 26 Oktober 2012, bersamaan dengan peluncuran komputer perdana yang menggunakan Windows 8.
                Microsoft telah megeluarkan versi Release Preview, untuk dicoba di seluruh dunia dan di tampung komentar mereka untuk pembangunan Windows 8 menjadi lebih baik.

Kelebihan Windows 8
1.Dioptimalisasi untuk layar sentuh
Windows 8, interfacenya yang dijuluki sebagai Metro dioptimalkan untuk sentuhan dengan wujud ala interface Windows Phone.
2. Mendukung chip ARM
Windows 8 mendukung perangkat yang memakai infrastruktur chip ARM. Hal ini diharapkan memperluas jangkauan Windows 8 di arena tablet, mengingat kebanyakan tablet yang beredar saat ini memakai chip ARM.
3. Waktu boot yang singkat
Boot Windows 8 dalam demonya hanya berlangsung dalam 8 detik. Sebuah waktu yang jauh lebih singkat dibanding booting di Windows versi sebelumnya.
4. Windows 8 tidak membutuhkan upgrade PC
Microsoft menyatakan komputer yang bisa menjalankan Windows 7 dapat pula menjalankan Windows 8 sehingga user tak perlu upgrade PC. Menurut Microsoft, prosesor Intel Atom dan RAM 1 GB sudah cukup untuk menjalankan OS ini.
5. Toko aplikasi Windows Store
Windows 8 akan memiliki toko aplikasi sendiri yang dinamakan Windows Store. Windows Store menyediakan berbagai aplikasi yang dioptimalkan untuk Windows 8.
6. Mendukung NFC (Near Field Communications)
Windows 8 akan mendukung NFC, sebuah teknologi yang kegunaanya antara lain untuk transaksi keuangan digital. Tablet yang memakai Windows 8 pun kemungkinan besar akan otomatis menyertakan fitur ini.


Kelemahan Windows 8
1. Tumpang tindih Metro UI dan Aero UI
Developer menemukan adanya pergantian secara terus-menerus yang terjadi antara tile-based Metro UI dan glassy Aero UI. Berpindah dari aplikasi Metro dan aplikasi desktop sangat sulit dilakukan.
2. Tidak ada opsi untuk mengubah tiles menjadi icons
Ukuran tiles terkecil, tampilannya masih terlalu besar. Saat nantinya kita menginstall banyak aplikasi maka screen Metro akan terlihat semrawut.
3. Sulit berpindah antar screen
Tidak adanya fungsi Alt-Tab seperti saat bekerja dengan desktop dan keyboard untuk berganti dari satu app ke app yang lain mungkin merupakan hal yang sangat sulit.
4. Metro multitasking
Jika kita menggunakan aplikasi Metro (untuk tablet) di Windows 8, screen akan menampilkan dua aplikasi secara berjajar. Untuk pemula hal itu tidak akan menjadi masalah besar. Namun bagi advanced user, kemampuan Metro dengan multitasking hanya untuk dua aplikasi merupakan kelemahan yang fatal.
5. Metro
Metro memang bisa bekerja baik di tablet tapi UI tersebut sangat tidak kompatibel jika digunakan pada desktop. Sulit dilakukan untuk sobat yang menggunakan Notebook. Sehingga secara default Windows 8 tidak mungkin bisa melakukan booting ke Metro UI.
6. konten Flash di Tablet PC
Windows 8 ini tidak bisa mendukung konten Flash di Tablet PC. Alasan Microsoft melakukan hal ini untuk menghemat baterai Tablet. Selain itu juga dapat melindungi privasi Tablet kita dan meningkatkan keamanan.

Fitur-Fitur di Windows 8
       Desain aplikasi Windows 8 UI, yang dapat dibuat dari bahasa pemograman apa saja, Seperti : HTML/CSS, JavaScript, C, C++, C#, dll.
       Hilangnya tombol Start (Disukseskan oleh Start Screen dan Charms)
       Kompatibel dengan Arsitektur Intel, AMD dan ARM
       Kompatibel dengan Perangkat berspesifikasi rendah seperti TabletLaptopNetbook, bahkan Smartphone
       Windows Portabel di USB (Windows To Go)
       Windows Explorer Sekarang Menggunakan Ribbon seperti Office 2010&2007
       Hybrid Boot, fitur untuk mempercepat waktu start-up dengan menyimpan memori inti Windows ke dalam hard disk dan me-load nya tiap booting.
       Fitur recovery baru, Refresh dan Reset. Refresh akan mengembalikan semua file Windows ke kondisi awal/default tanpa mengubah pengaturan, berkas, atau aplikasi Windows 8 UI. Reset akan mengembalikan komputer ke kondisi standar pabrikan.
       Rancangan baru dari Task Manager.
       Proses Aktifasi Yang Mudah.

VERSI-VERSI WINDOWS 8
       Microsoft mengumumkan bahwa Windows 8 akan diluncurkan hanya dalam empat versi yaitu untuk pengguna rumahan, untuk kalangan bisnis, untuk perangkat yang menggunakan chip ARM, dan untuk perusahaan besar yang membeli dalam jumlah banyak.
1.       Versi sistem operasi untuk pengguna rumahan namanya hanya akan berupa "Windows 8".
2.       Untuk kalangan bisnis namanya "Windows 8 Pro" di antaranya memuat fitur untuk mengenkripsi sebuah sistem file, virtualisasi, dan manajemen domain.
3.    "Windows RT" atau Windows Runtime adalah nama baru untuk versi sistem operasi yang selama ini disebut Windows on ARM.
4.    "Windows 8 Enterprise" adalah versi yang ditujukan untuk perusahaan besar yang biasanya membeli sistem operasi dalam jumlah banyak. Di dalamnya memuat semua fitur yang ada di Windows 8 Pro.
LANGKAH-LANGKAH MENGINSTAL WINDOWS 8                                                                                    Jika ada rencana untuk membuat dual booting, pastikan anda menyediakan partisi primer lebih dari 20GB. dan jika ada rencana untuk instalasi bersih, pastikan backup dahulu file2nya kemudian baru diformat harddisk C nya, lalu install bersih windows 8 nya.
1.       Boot komputer anda dengan media instalasi windows 8 Developer.
2.       Layar instalasi. Pilih yang sesuai dan klik Next.


3.       klik “Install Now” untuk melanjutkan.
4.       centang “Accept the terms and conditions” dan kemudian klik “Next”.
5.       Pilih opsi mengupgrade ke windows 8 Edisi Developer atau melakukan instalasi bersih. Pilih Custom (Advanced) untuk instalasi bersih.
6.       Jika Anda berencana untuk men-setup Dual boot maka Anda dapat memilih drive yang berbeda. Setelah Anda mengkonfigurasi drive klik “Next”.
7.       proses instalasi, tunggu sampai selesai.
8.       Setelah instalasi selesai, Komputer Anda akan reboot. Tunggu beberapa saat.
9.       Sekarang mempersonalisasi pengaturan desktop Anda. Silahkan pilih “Express settings”.
10.       Pada Windows 8 Anda dapat login menggunakan account Windows Live.
       Jika tidak ingin menggunakan metode login ini, silahkan klik pada “I don’t want to log in with a Windows Live ID”.
       Anda dapat memilih “Local account” untuk membuat Username dan Password untuk login ke Windows Anda.
       Setelah semua informasi telah dimasukkan, klik “Next”.
11.       Sekarang Windows akan mengkonfigurasi pengaturan Anda.

  • Setelah semuanya di setup, maka kita akan disuguhkan tampilan Desktop Windows 8.

Referensi

0 komentar:

Posting Komentar